Posted by : dzaki tajudin
Minggu, 12 Oktober 2014
Tag :// Mata kuliah
Berikut analisa pemanfaatan dan kekurangan & kelebihan dari suatu aplikasi new media.
1. Yahoo Messenger
Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakanYahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.
Beberapa fitur Yahoo Messenger :
1. Instant Message : kirim pesan teks secara real-time ke teman-teman Anda di Yahoo! atau Windows Live™ Messenger.
2. Chat Room : gabung ke salah satu ruang chatting untuk bertemu teman-teman baru dan membahas topik favorit.
3. Photo Sharing : berbagi foto dari komputer atau Flickr, lalu melihat sambil membahasnya bersama.
4. PC-To-PC Calls : menelepon gratis ke teman yang juga memakai Yahoo Messenger (diperlukan microphone dan speaker/headset).
5. SMS (Text Messaging) : kirim pesan text ke handphone teman secara gratis.
6. Webcam : gunakan webcam untuk berbagi video dengan teman di Yahoo Messenger.
7. IM Conferencing : pesan instan dengan banyak teman pada waktu bersamaan di satu ruang chatting (bisa menggunakan suara jika tersedia).
8. File Transfer : kirim file ke teman sambil chatting (maksimal 2 GB).
Adapun Kekurangan dan kelebihan Yahoo Messenger.
Kelebihan Yahoo Messenger :
1. Tampilan lebih minimalis, hal ini menguntungkan bagi pengguna yang baru menggunakan yahoo messenger.
2. Mudah mengakses, untuk chat di yahoo messenger lebih mudah untuk mengaksesnya tanpa mendownload aplikasi tersebut yang membuang waktu.
Kekurangan Yahoo Messenger :
1. Yahoo messenger ini tidak disertai dengan fasilitas cam chat yang berfungsi untuk berkomunikasi secara visual bagi sesama pengguna Yahoo.
2. Tidak ada ruangan atau room untuk menampung semua pengguna yahoo dari penjuru dunia. Room tersebut dibagi-bagi menurut regional, hobby, aktivitas, dan masih banyak lagi room yang lain.
3. Tidak ada aplikasi yang tersedia di web yahoo messenger. Misalnya ketika kita sedang melakukan perbincangan di aplikasinya, kita juga dapat menggunakan aplikasi yang lain dengan teman perbincangan kita. contoh aplikasi yang tersedia di aplikasi yahoo messenger : aplikasi untuk menggambar, main catur jawa, main kartu, dan masih banyak yang lainnya.
4. Emotion bergerak yang disediakan di web sangat terbatas. Perbincangan semakin menarik karena diadakannya emotion yang bermacam-macam dan bila emotion yang ada di aplikasinya bisa bergerak- gerak. jadi perbincangan bisa kita kreasikan dengan emotion sesuai yang kita mau.
5. Tidak ada tema yang bisa diubah-ubah. tema tersebut bisa diubah sesuai dengan kita mau. tema tersebut adalah background layer dari yahoo messenger.
2. Facebook
Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputerEduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Beberapa fitur-fitur Facebook :
1. Wall : adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.
2. Status Update : Facebook memiliki fitur bernama “status update” (atau “status” saja) yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
3. Photo Tagging : yang membuat kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto. Selain itu, foto-foto yang memuat diri kita pun dikumpulkan jadi satu, sehingga mudah dicari.
4. Chat : pengguna facebook dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya melalui fitur chat. Apabila status seseorang “online” maka anda langsung dapat bercakap-cakap dengannya.
5. Games : ada banyak games yang terintegrasi dengan Facebook. Sebagian besar games tersebut memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
6. Notification : memberikan notifikasi kepada pengguna mengenai update-update terbaru yang berkaitan dengan akun facebook-nya.
7. Friend Request : seorang pengguna dapat meminta kepada pengguna lainnya untuk ditambahkan ke dalam daftar teman facebook-nya dengan mengirimkan friend request, dan hal tersebut dapat diterima maupun ditolak.
Kelebihan Facebook :
1. Penggunaan facebook sangatlah mudah dibanding dengan yang lainnya. Tinggal klik dan selesai.
2. Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar saat ini, sehingga pemakainya banyak.
3. Upload gambar sangatlah mudah.
4. Pemakaiannya gratis dan tanpa batasan.
5. Facebook dapat digunakan untuk tempat bisnis, terlebih untuk sales yang akan mempromosikan produknya.
6. Facebook dapat diakses di manapun anda berada, dan dapat melalui berbagai macam media seperti PC, laptop, netbook, dan handphone sekalipun.
Kekurangan Facebook :
1. Facebook sangat terkenal sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran) biasanya mirip selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli mana yang palsu.
2. Facebook menjadi ajang penjualan diri. Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang menawarkan dirinya melalui facebook.
3. Lebih dari 60% pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
4. Facebook sering kali menjadi tempat lahirnya isu-isu sosial, diantaranya melakukan pelecehan melaui status, menghina lewat comment, dll.
Sumber :
http://andykembara.blogspot.com/2013/10/analisa-tentang-3-aplikasi-new-media.html
informasi yang sangat membantu terima kasih kak
BalasHapusVisit Us